Career and Study

Pedoman Kuliah Kedokteran Gigi: PENDIDIKAN DOKTER GIGI INDONESIA

shutterstock_180949769

Sungguh bangga jadi dokter gigi. Profesi dokter gigi memang bergengsi. Untuk menjadi dokter gigi perlu kuliah di FKG (Fakultas Kedokteran Gigi). Tulisan ini merupakan petunjuk pengenalan kuliah FKG.

 

BERAPA LAMA KULIAH KEDOKTERAN GIGI?

Pendidikan kedokteran gigi terbagi atas 2 tahap yaitu pendidikan akademik dan pendidikan profesi. Pendidikan akademik lamanya 8 semester (4 tahun), sedang pendidikan profesi 4 semester (2 tahun). Total kuliah dokter gigi selama 12 semester atau 6 tahun.  Setelah itu harus mengikuti ujian kompetensi yang diselenggarakan secara nasional di bawah supervisi Kementerian Ristek dan Pendidikan Tinggi. Uji kompetensi secara nasional merupakan ujian yang khusus bagi lulusan Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi.

Memang lama studi kedokteran gigi cukup panjang, bahkan lebih lama dari kuliah untuk menjadi dokter di Fakultas Kedokteran (FK). Hal ini karena pada profesi kedokteran gigi terdapat ketrampilan klinik yang harus dipelajari. Masa studi yang lama karena hendak menciptakan dokter gigi yang bermutu.

Setelah menempuh pendidikan dokter gigi selama 6 tahun, masih harus ditambah lagi dengan mengikuti internsip selama 1 tahun. Internsip merupakan kegiatan pemahiran dan pemandirian. Internsip dilaksanakan di puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah. Dalam rangka pemerataan, internsip selama 1 tahun terutama dilaksanakan di daerah terpencil.

Permasalahan yang terjadi adalah waktu tunggu untuk mendapatkan giliran internsip. Selain itu terdapat pula pemberitaan mengenai beberapa dokter yang meninggal dunia ketika menjalankan internsip di daerah terpencil. Diharapkan dilakukan peningkatan penatalaksanaan dan jaminan bagi peserta internsip.

KULIAH DI FKG MANA?

Terdapat cukup banyak institusi pendidikan dokter gigi, hingga harus cerdas memilih FKG. Perlu diketahui, FKG yang terbaik adalah FKG yang terkreditasi A. Di Indonesia FKG dengan akreditasi A terdapat pada universitas negeri yang bereputasi baik yaitu FKG Universitas Indonesia (UI), FKG Universitas Pajajaran (UNPAD), FKG Universitas Gajah Mada, FKG Universitas Airlangga, dan FKG Universitas Hasanuddin. Sedangkan FKG perguruan tinggi swasta hanya 2 yang terakreditasi A yaitu FKG Universitas Trisakti, dan FKG Universitas Muhammadyah Yogyakarta (UMY).

Sebaiknya kuliah di FKG dengan akreditasi A. Lulusan FKG dengan akreditasi A akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan, lebih mudah diterima menjadi  pegawai negeri, TNI/Polri. Bila ingin melanjutkan pendidikan spesialis maka lulusan FKG terakreditasi A akan lebih mudah diterima. Hanya FKG dengan akreditasi A yang boleh menyelenggarakan pendidikan spesialis.

KURIKULUM KEDOKTERAN GIGI

Kurikulum pendidikan dokter gigi terdiri atas program akademik selama 4 tahun, dan dilanjutkan program profesi selama 2 tahun. Setelah itu ujian kompetensi dan kemudian internsip selama 1 tahun di puskesmas serta rumah sakit umum daerah.

Pada program akademik atau disebut juga pendidikan preklinik terutama mengenai  kedokteran dasar dan kedokteran gigi dasar. Dokter gigi perlu menguasai ilmu kedokteran dasar sama seperti yang dipelajari calon dokter (dokter umum) di fakultas kedokteran (FK). Meski bidang kerjanya terutama menyangkut gigi dan mulut, namun dokter gigi juga menguasai ilmu kedokteran dasar. Dengan demikian kurang tepat kalau dikatakan dokter gigi kedudukannya dibawah dokter atau dokter gigi kurang bergengsi dibanding dokter.

Program profesi kedokteran gigi disebut juga pendidikan klinik. Pada program profesi mahasiswa berlatih secara langsung mengerjakan pasien di klinik. Ciri khas kedokteran gigi adalah ketrampilan klinik, hingga calon dokter gigi harus berlatih secara langsung mengerjakannya. Permasalahannya adalah kesulitan mendapatkan pasien yang bersedia untuk dikerjakan oleh mahasiswa program profesi. Apalagi dengan adanya BPJS Kesehatan maka semakin sedikit yang mau menjadi pasien untuk dikerjakan oleh mahasiswa program profesi kedokteran gigi. Akibatnya cukup banyak yang terpaksa molor, tidak dapat menyelesaikan studi tepat waktu.

Selamat menempuh kuliah kedokteran gigi dan menjalani karir dokter gigi!

 

Sumber: http://pendidikandrg.ucoz.net/news/pedoman_kuliah_kedokteran_gigi_pendidikan_dokter_gigi_indonesia/2016-04-06-2

Ads 2-04

About the author

admin

admin

www.jurusanku.com adalah situs pendidikan yang misi utamanya adalah memberikan info seputar memilih jurusan di perguruan tinggi serta peta karir untuk berbagai bidang studi. Selain artikel dari pengelola, kami juga memuat materi dari sumber maupun penulis lain.

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*