Kontak Kami

LINK UNTUK ENGLISH>Reach Us

Ruko Golden Madrid 2 Blok G/20
Jl. Letnan Sutopo
Serpong
Kota Tangerang Selatan, Banten 15310, Indonesia
Phone : (021) 5316 4930

Consultation 1: 081 5510 8832
Consultation 2: 0813 986 906 13
Seminar : 0811 339 4643

info@jurusanku.com
marketing@jurusanku.com

88 Comments

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

  • Inisiatif dan ide kreatif Jurusanku,com sangat bagus untuk membuka wawasan para orangtua, guru utamanya siswa siswi SLTA. PT seharusnya bekerjasama dgn jurusan.com agar bisa mengembangkan prodi yang bervariasi namun tidak hanya mengikuti trend semata.
    Kami sangat mendukung !
    Salam Indonesia
    Sonny

    • Terimakasih atas dukungan dan apresiasi anda, khususnya karena ini datangnya dari seorang akademisi di bidang Psikologi. Kami tentu bisa belajar banyak dari anda untuk kemudian menularkannya kepada para pembaca dan peserta seminar kami. Salam.

    • Malam bu Ina saya Audy kls 11 dr sma santa ursula jakarta
      saga mau tanya
      saya orang nya sangat gemar bertemu dgn banyak orang khususnya orang baru dan ngobrol. Saya tipe anak yg sangat ekstrovet sekali
      saya ingin ambil jurusan akturia, apakah itu cocok dgn saya? Karna sejujurnya saya ingin bahwa di masa depan sy bekerja bukan selalu di blkg layar saja. Saya jg mau dikenal
      terima kasih.

      • Aktuaria itu kombinasi antara matematika dan keuangan. Bidang ini memang terkesan hanya di belakang layar. Tapi bagi yang nyaman berhubungan dengan orang, ini nilai plus. Ada lagi jurusan Finance. Di tingkat manajerial, orang finance banyak bertemu orang, baik internal perusahaan maupun dengan pihak luar. Coba baca buku kami “7 Jurusan Bergaji Besar”. Kedua jurusan dibahas lengkap. Bandingkan, kira-kira mana yang peta karier dan lingkungan kerjanya pas buat kamu. Kalau masih ragu, ambil tes karier di jurusanku.com/psikotes dan konsultasikan hasilnya dengan ibu Ina Liem.

    • Dear Eddy Gunawan,

      Terima kasih atas emailnya. Buku yang anda tanyakan baru masuk Gramedia sekitar 1 atau 2 minggu lagi. Untuk sementara pembelian bisa dilakukan online.

      Terimakasih.

      Admin Jurusanku

  • Saya ingin memesan dua buku yang ditawarkan di atas. Berapa harga masing-masing buku tersebut? Berapa lama kira2 saya dapat memperoleh buku tersebut sejak pemesanan? Bagaimana cara pemesanan dan pembayarannya? Terima kasih sebelumnya.

  • Saya mau tanya,
    saya tidak terlalu pandai di matematika dan fisika tetapi saya mau masuk fakultas transportasi laut, bagaimana pendapat anda ?

    • Saya tidak tahu apa artinya ‘tidak terlalu pandai’. Tapi kalau bisa diterima di jurusan tertentu mestinya kamu mampu menyelesaikan kuliah disana. Banyak orang yang merasa biasa-boasa saja saat SMA ternyata berprestasi di perguruan tinggi. Mungkin karena saat kuliah mereka tidak lagi berkutat dengan mata pelajaran tertentu yang ‘dibenci’ di SMA dan kini hanya fokus pada mata kuliah yang menjurus pada dunia idamannya. Jurusan Transportasi Laut belum populer, tapi ini termasuk bidang yang akan booming dimasa depan mengingat pemerintah Indonesia yang akan mengembangkan potensi kelautan kita. Sukses selalu.

  • Selamat siang kepada jurusanku.com
    saya edison, saya ingin bertanya apak perbedaan antara jurusan yang berkaitan tentang biologi?
    setau saya salah satu jurusan terbut yaitu jurusan bioteknologi dan teknik biomedik? jurusan apakah itu bagaimana prospek kedepannya?
    mohon di jawab lewat email caturedison@yahoo.com atau lewat hp 085375780811. jawaban anda akan sangat membantu saya dalam memilih jurusan. terima kasih

  • Permisi, saya mau bertanya kepada kepada jurusanku.com

    Saya ada rencana masuk ke jurusan teknik kimia saat kuliah.
    Saya senang menganalisis masalah dan memecahkan berbagai masalah.
    Dalam pelajaran di sekolah, saya lebih menyukai praktek/percobaan(misalnya fisika)
    Namun, pelajaran kimia saya tidak terlalu bagus.

    Nah, saya mau bertanya…
    1. Sebenarnya apa saja yang dipelajari dalam teknik kimia?
    2. Universitas apa saja yang memiliki jurusan teknik kimia terbaik di Surabaya?
    3. Apabila pelajaran kimia saya tidak terlalu bagus, apakah saya sanggup untuk lulus dari teknik kimia?
    Terima Kasih

  • Bu Ina saya tertarik dengan artikel ibu di Kompas mengenai podiatry. Pertanyaan sy, utk yg lulus sekolah podiatry dari luar negeri apa bs langsung bekerja di Indonesia ? Atau hrs ujian lagi seperti jurusan medical ? Thank u liliek

  • Siang bu Ina,

    Saya kelas 12 program IPA dan sudah mantap mau memilih jurusan Hubungan Internasional saat kuliah. Saya suka belajar bahasa asing dan ingin tahu dan mengerti lebih banyak tentang isu-isu antar negara, terutama pada bidang ekonomi dan kelautannya. Setahu saya cakupan ilmu HI itu sangat luas, dan saya berpikir untuk fokus ke bidang kelautannya setelah lulus S1.
    Saya ingin menjadi diplomat yang juga bisa menciptakan lapangan pekerjaan di bidang perikanan. Saya tertarik untuk belajar di IMAS untuk mendapat pengetahuan tentang marine biology di jenjang master, tapi saya tetap memilih HI untuk S1. Bagaimana pendapat anda?

    Terima kasih.

    • Untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan membuka bisnis sendiri, jurusan perikanan di IMAS (University of Tasmania) sangat sesuai. Tidak perlu jadi diplomat untuk itu. Dengan belajar di luar negeri yang lingkungan studinya multikultur dan multi bangsa, kesempatan menjalin network dengan banyak bangsa sangat besar.

    • Lulusan Teknik Elektro termasuk yang tidak sulit mendapat kerja. Kini semakin banyak yang orientasinya ke telekomunikasi. Di Australia malah sudah ada jurusan Wireless Engineering yang berdiri terpisah, tadinya bagian dari materi kuliah Teknik Elektro. Selain harus kuat di Matematika, kemampuan algoritma dan programming sangat diperlukan.

  • Bu Ina saya ingin memesan buku kreatif memilih jurusan tetapi saya tdk menemukan kota tempat tinggal sya bagaimana cara pemesanannya ya???kota tempat tinggal saya di Toraja,Sulawesi Selatan.
    Terima kasih

  • Bu Ina, saya kelas 12 IPS. Saya mau tanya jurusan kreatif apa bagi anak IPS selain ekonomi. Karena saya lihat jurusan ekonomi terlalu banyak peminat dan tentunya setelah lulus peluang kerja pun menjadi sulit. menurut ibu, finance atau hubungan international yg mempunyai prospek yg lebih baik ? Terima kasih atas perhatiannya.

    • Kalau yang dimaksud jurusan Ekonomi adalah manajemen dan bisnis, memang lulusannya banyak dan ilmunya masih sangat umum. Tapi kalau yang dimaksud adalah jurusan Ekonomi Pembangunan, lulusannya belum banyak, tapi tidak semua universitas menawarkan prodi ini. Begitu juga jurusan Finance. Yang penting kenali dulu bakat, minat tipe kepribadian dan nilai-nilai yang diangga penting dalam hidup. Atas dasar ini akan mudah memilih jurusan yang pas.

  • Sangat inspiratif sekali website ini. Saya sangat suka membaca setiap artikel yang diberikan Jurusanku.com.

    Saya ingin sekali Mbak Ina Liem, admin, dan tim penulis lainnya membahas tentang mahasiswa yang salah jurusan serta solusinya dan berbagai desakan orang tua untuk memilih jurusan tertentu bagi masa depan anaknya. Karena banyak sekali kasusnya bahkan dari saudara dan teman dekat saya sendiri. Terima kasih.

  • Selamat sore Tim Jurusanku!
    Saya ingin sekali ulasan mengenai karir di masa mendatang yang bagus apakah PNS, swasta atau pengusaha karena banyak sekali stigma orang-orang tua terdahulu bahwa pekerjaan yang menjamin hanyalah PNS. Orang-orang tua terdahulu yang masih minim sekali informasi mengenai karir, jurusan perkuliahan membuat beberapa teman saya dan saudara saya menjadi mengorbankan minatnya dan jurusannya atau dipandang sebelah mata karena jurusannya sehingga mereka minder. Banyak sekali orang tua yang masih “termakan” karir di “eranya” yang sudah lekang oleh abad 21.
    Terima kasih semoga cepat diulas yah tim Jurusanku

    • Dalam seminar-seminar Ina Liem di berbagai kota sudah sering diungkapkan betapa kini muncul banyak karier, pekerjaan, dan bisnis baru yang bermasa depan bagus. Kami juga selalu menekankan bahwa zaman sudah berubah. Buku “Kreatif Memilih Jurusan” mengulas banyak soal salah persepsi, kurang informasi dan mindset lama yang perlu diperbarui dengan berbagai contoh dan bukti.

  • Saya mau bertanya, jika S1 saya ambil teknik kimia dan S2 saya ambil teknologi pangan apakah nyambung? Dan bagaimana prospek kerjanya? Thankyou :)

  • Bagaimana menurut jurusanku.com tentang jurusan computer sciece/IT/pemrograman?? Bagaimana prospek kedepan, apakah akan dibutuhkan di masyarakat, bagaimana karirnya, dan apakah disarankan untuk mengambil jurusan tsb?? Apakah kelebihan dan kekurangan dari jurusan tsb?? Terima Kasih

    • Jurusan ini masih sangat dibutuhkan, apalagi dengan makin banyaknya aplikasi mobile, baik untuk keperluan bidang kesehatan, pemerintahan, e-commerce, keuangan dan perbankan, dan sebagainya. Mesti kuat di Matematika dan nyaman dengan pekerjaan programming. Perlu dicatat, saat bekerja seorang programmer bisa 8-11 jam di depan komputer. Tapi kalau mampu dan suka, kenapa tidak?

  • Selamat pagi, Saya mau menanyakan dua pertanyaan?
    1. Apakah jurusan yang berbasis biologi terapan seperti mikrobiologi, bioteknologi, rekayasa hayati, dll mempunyai prospek yang bagus ke depannya? Bagaimana keadaannya di Indonesia untuk prospek kerja ini? Bagaimana keadaanya saat bekerja
    2. I3l jurusannya terdengar bagus dan jarang. Tapi apakah berpeluang besar di Indonesia? Kampus tersebut masih baru, apakah aman bila seseorang lulus dari sana?

    • Kalau yang dimaksud prospek adalah gaji, tentu peneliti di Indonesia tidak bisa dibandingkan dnegan di luar negeri. Namun kebutuhan akan peneliti di bidang ini banyak, baik di lembaga penelitian pemerintah maupun perusahaan besar.
      Soal aman atau tidak, tergantung apa tujuan kita. Kalau ingin lanjut studi, khususnya di luar negeri, banyak universitas mensyaratkan akreditasi universitas sebelumnya. Tapi untuk lanjut studi di universitas partner, tentu ada jaminan bisa diterima. Jadi periksa saja daftar partner I3l di mana saja.

  • Selamat malam,

    Ada perkataan orang-orang yang bilang.
    “Tidak apa-apa salah jurusan yang penting tidak salah masa depan”, lalu ada pengalaman orang-orang yang dulunya salah jurusan (tapi ada yang masa studinya molor) tetapi sekarang bisa menghasilkan banyak uang (dari pekerjaan). Memang rezeki orang ditentukan dari Tuhan, tapi yang jadi masalahnya bagaimana usaha manusia.

    Sebenarnya apakah salah jurusan berpengaruh sekali sesuai penelitian atau data statistik?

    • Pertanyaan bagus. Dulu, apapun jurusannya, asal tekun dan kerja keras pasti sukses. Mereka yang sudah bekerja 15-20 tahun punya rumah bagus, mobil bagus, dan income bagus. Tapi zaman ini beda. Pertama, generasi millenial umumnya kurang tekun (tentu ada banyak perkecualian). Kedua, kamu bukan hanya bersaing dengan bangsa sendiri, tetapi juga dengan tenaga terampil dari negara tetangga akibat perjanjian Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Lalu ada soal komputerisasi. Banyak pekerjaan tergantikan komputer. Ya, pilihan jurusan sangat berpengaruh, membuat peta karier jadi lebih jelas. Jadi sukses bisa diraih lebih cepat karena perencanaannya jelas. Lebih detil soal peluang dan tantangan abad ini, simak video ini https://www.youtube.com/watch?v=q1WfzU6AlPU.

  • malam bu. saya ingin bertanya, kepribadian yang seperti apa yang cocok untuk menjadi seorang aktuaris? dan menurut ibu, PTN mana yang cocok dan terbaik untuk matematika? terima kasih bu.

    • Teliti dan nyaman dengan angka, juga harus inovatif dan kompetitif. Di tempat kerja, aktuaris bertugas memberi solusi keuangan, termasuk menciptakan instrumen keuangan baru agar perusahaan tempatnya bekerja memenangkan persaingan. Karena semua gagasan atau inovasinya harus disampaikan kepada pimpinan, seorang aktuaris harus nyaman dengan komunikasi, baik lisan maupun verbal. Soal perguruan tinggi, saran saya, cari yang akreditasinya A untuk prodi matematikanya dan punya kerjasama dengan Persatuan Aktuaris Indonesia. Sukses selalu.

  • terimakasih atas informasinya jurusanku.com.. keren
    sebelumnya saya ingin bertanya jurusan apa yang peluang kerjanya cukup besar,dibutuhkan negara indonesia saat ini dan berpotensi ditempatkan di daerah asal

    • Sudah kami tulis di buku ketiga kami “Majors for the Future” terbitan Grasindo. Isinya mengacu pada tren dan strategi pembangunan pemerintah jangka panjang. Tersedia di semua toko buku Gramedia. Selamat membaca.

  • Saya ingin tanya

    1.ada tidak ya jurusan perikanan tapi juga ada partaniannya?
    2. Lalu jika ingin ambil prodi pertanian paling bagus dimana ya?
    3. Lalu lebih bagus perikanan/pertanian/bagian perkapalan ya?

    Terimakasih

    • 1. gabungan dua bidang studi disebut double degree. coba search di australia dan new zealand
      2. di Indonesia ada IPB, UGM, dan Unpad
      3. maksud yang lebih bagus itu apanya? kalau soal prospek karier dan bisnis, ketiganya bagus, khususnya perikanan.

  • selain menjadi dokter , apakah masih ada profesi lain terkait dunia kesehatan/jurusan kesehatan atau program studi kuliah tentang kesehatan…???TOLONG SEBUTKAN dan JELASKAN dengan LENGKAP….!!!

    • Cara anda menulis dengan huruf besar semua dan tanda seru 3 kali terkesan seperti sedang berteriak. Silakan menuliskan pertanyaan lagi.

  • perguruan tinggi mana sajakah di indonesia ( PTN ) ini yang ada program studi/jurusan Prosthetics & Orthotics (membuat kaki atau tangan palsu) ???………….

    terimakasih

    Wassalam…..

    • Di seluruh belahan bumi bagian selatan (southern hemisphere), jurusan Prosthetics & Orthotics untuk tingkat S1 dan S2 setahu kami baru ada di La Trobe University, Melbourne, Australia.

  • Selamat malam Bu, saya Verren baru lulus SMA saya ingin bertanya mengenai jurusan bioteknologi. Sejujurnya saya mau masuk ke jurusan itu tetapi informasi yang saya dapat masih terbatas di google, karna setiap blog/web yang saya buka, disana memuat informasi yang hampir hampir sama seperti materi yang dipelajari dan prospek kerjanya sedangkan saya butuh informasi yang lebih lengkap seperti kebutuhan lulusan beserta lapangan pekerjaan yang tersedia. Saya pun sudah melihat video youtube dan artikel yang ada di jurusanku tetapi tidak menemukan informasi mengenai jurusan bioteknologi.
    Informasi dari Ibu akan sangat berguna bagi saya.
    Terima Kasih

  • ASSALAMUALAIKUM TEMAN TEMAN SAYA MAU BERTANYA MENGENAI PENDIDIKAN UNTUK MENERUSKAN KE UNIVERSITAS,TAPI MASALAHNYA SAYA DUDUK DI BANGKU SMK BUKAN SMA.NAH YANG SAYA MAU TANYA KAN.APAKAH BISA LULUSAN SMK MEMILIH JURUSAN SAAT KULIAH YANG TIDAK SESUAI JURUSAN YANG DIPILIH SAAT SMK???
    MOHON BANTUAN NYA BU Ina Liem
    JIKA ADA YANG INGIN MEMBANTU TOLONG DI BLS COMEN YA ATAU BSA HUBUNGI
    EMAIL: yafimarikh2@gmail.com
    Sekian Terimakasih Sahabat Sahabat Pak Chandra Semua

    • Sebelumnya saya beritahukan agar lain kali tidak menulis dengan huruf besar semua. Cara menulis seperti ini terkesan seperti orang sedang berteriak.
      Jawaban untuk pertanyaannya: Bisa. Infonya ada di website universitas tujuan.

  • Dear admin,

    Saya mau bertanya, jika saya ingin berkarir membuat sabun, shampoo, dan produk kecantikan yang di perusahaan seperti Body Shop atau Lush, apakah jurusan teknik kimia sesuai dengan karir yang saya ingin ambil?

    Terima Kasih

    • Jurusan teknik kimia tentang mekanisme produksi di pabrik yang menggunakan proses kimia. Sedangkan meramu produk kecantikan lebih ke applied science.

  • Selamat sore Ibu Ina, saya mau bertanya diantara jurusan Finance dan Teknik Industri apakah keduanya memilki peluang kerja yang tinggi? Karena saya mendengar juga bahwa diantara kedua jurusan tersebut juga unda-undi atau terancam punah dalam dunia pekerjaan di masa depan. Lalu saya juga mau bertanya, universitas negeri manakah yang memiliki jurusan teknik industri yang bagus? Khususnya di daerah Jawa. Terima Kasih

    • Yang terancam komputerisasi adalah Akuntansi, khususnya semua pekerjaan yang sifatnya rutin. Finance beda sebab ilmu ini sangat dinamis. Berbagai solusi perusahaan dan inovasi bisnis sering bermula dari keputusan Finance.
      Tentang teknik industri, jurusan ini masih bersifat umum. Untuk memenangkan persaingan sebaiknya mempertajam keahlian di bidang tertentu seperti misalnya Supply Chain Management yang merupakan bagian dari teknik industri. Soal universitas yang bagus, silakan cari di situs Badan Akreditasi Nasional. SIlakan di search yang akreditasinya A atau B.

    • Yang pasti banyak posisi di dunia kerja akan mengalami perubahan akibat teknologi. Finance tetap ada tetapi lebih banyak berhubungan dengan teknologi digital, misalnya Fintech. Begitu juga Industri manufaktur yang jadi lahan lulusan Teknik Industri. Namun kemampuan khusus akan membuat kita bertahan di era perubahan ini. Kemampuan mengolah data, merumuskan masalah dan menuangkannya dalam algoritma dan coding, misalnya, akan sangat diperlukan lulusan kedua jurusan di atas.

    • Spektrum ADHD dan Asperger cukup lebar. Sebaiknya minta profiling kepada psikolog untuk menemukan profil kepribadiannya. Dari sana mungkin kami bisa memberi saran soal jurusan dan jenis karier masa depannya.

    • ADHD dan Asperger kan spektrumnya luas. Mesti diprofile dulu agar tampak tipe kepribadiannya. Sebagai contoh banyak orang Asperger yang menonjol karena perhatiannya sangat fokus akhirnya sukses jadi ahli investasi keuangan. Minat juga ikut berperan.

  • Sore ibu Ina saya anak kelas 10, dan saya tertarik dengan bidang seni, saya bingung apakah saya sebaiknya selesaikan dulu sma atau lebih baik lgsg ikut foundation/uni?

    • Untuk memantapkan pilihan, saya sarankan untuk ikut tes. Banyak anak tertarik satu bidang namun potensi kepribadiannya sebetulnya lebih maksimal di profesi lain. Mesti dibedakan antara minat untuk kegiatan, minat untuk belajar, dan minat untuk profesi. Ini baru terbaca lewat tes.

  • Selamat sore bu ina sya Irma, saya mahasiswa semester 1 jurusan akuntansi dan sudah bekerja dibidang telekomikasi. Saya merasa tidak tertarik dengan jurusan yang saya ambil sekarang dan selama 1 semester yang saya jalani semakin laama saya merasa semakin tidak tertarik. Karna dulu saya ambil jurusan itu juga karna desakan orang tua dan kakak saya. Sebaiknya saya harus bagaimana menurut ibu ina ?? Terimakasih

    • Memilih bidang studi sebaiknya disesuaikan dengan Minat, Bakat, Kepribadian, dan Values (apa yang dianggap penting dalam hidup). Jika menempuh psikotes, pastikan keempat unsur ini bisa terekam. Lalu konsultasikan dengan pihak yang juga paham peta karier dan aneka pilihan jurusan kuliahnya.

    • Tergantung universitasnya. Di luar negeri syarat masuk bukan IPA atau IPS tapi Advanced Math atau Advanced Physics dengan ujian lewat Cambridge Tests dan sejenisnya.

  • Halo,,saya mau tanya..
    Berhubung saat ini th 2018 sudah ada jurusan S 1 Aktuaria,,,sedangkan dr jawaban” sblumnya, banyak disarankan untuk kuliah d jurusan matematika / statistik u bisa berprofesi ang aktuaris.

    Jadi baiknya bgmn? Ambil jurusan matematika / statistika dulu, atau langsung pilih jurusan Aktuaria di PTN” yg sdh ada jur.tsb?

    Mana peluang terbesar dr sisi kemudahan lolos uji profesi aktuaris?

    • Kalau start dari prodi matematika atau statistika, masih ada peluang berkarier di banyak bidang jika di tengah jalan minatnya berubah. Tapi kalau sudah mantap ingin jadi aktuaris, memang lebih baik langsung ambil prodi Aktuaria.

  • Selamat sore,saya ingin bertanya. Saya bingung memilih jurusan BK atau Management,tolong kasih saran agar saya tidak bingung memilihnya. Terimakasih

    • Dasar untuk menentukan pilihan jurusan adalah Tipe Kepribadian, Minat, dan Values (hal apa saja yang dianggap berharga). Ini bisa dilakukan lewat tes. Coba buka link ini.

    • Jurusan ini sudah pernah kami tulis pada buku kami “7 Jurusan Bergaji Besar”. Prospeknya sangat baik sebab ahlinya tidak banyak. Perlu diketahui, kuliah dan kerjanya banyak berhubungan dengan kegiatan luar ruang (outdoor).

  • Nama saya kartini,saya lulusan SMA jurusa ips,dan saya sdh 4 thn nganggur dan sekarang saya ingin melanjutkan pendidikan saya di bangku kulia,tapi saya bingung denga memilih jurusan,namunsaya tertarik dengang ilmu sosial politik khususnya hubungan diplomatik internasional.jadi apakah pantas sy memilih jurusan tersebut ,? Mohon di bantu,jurusanku.com

    • Mengapa tidak pantas? Jurusan Hubungan Internasional bisa dijadikan pilihan. Perlu diketahui, jurusan ini mengharuskan mahasiswa banyak membaca buku berbahasa Inggris. Kemampuan berbicara dan menulis dalam bahasa asing juga mutlak. Lulusannya tidak hanya bisa jadi diplomat tetapi juga diminati perusahaan besar (swasta maupun BUMN) yang punya banyak relasi dengan negara lain.

      • Ditunggu ya Min, buku tentang “majors for the future” dan 7 jurusan bergaji besar. stock nya kosong di Gramedia online dan di OL shop dan di shop jurusanku hanya tersedia peluang karier jurusan matematika saja

  • Hai saya veronika, SMA kls 12 IPS. Saya bingung menentukan jurusan yg cocok untuk saya. Jd jurusan apa sih yg bagus dan peluang kerjanya tinggi, tolong di jelaskan ya. Terima kasih ?